:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: Ki Ageng Ganjur : " Mencari Tuhan Lewat Musik " Ki Ageng Ganjur : " Mencari Tuhan Lewat Musik " | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Tuesday, January 3, 2012

Ki Ageng Ganjur : " Mencari Tuhan Lewat Musik "

      Setiap manusia selalu merindukan Tuhan dan senantiasa ingin berdekatan dengan-Nya. Namun Tuhan begitu abstrak, sehingga manusia sering terjebak dalam pencarian tanpa batas. Kaum sufi misalnya, mendekatkan diri dengan Tuhan lewat zikir dan puji-pujian. Ahli fiqh melakukannya melalui aturan yang legal-formal, dan para seniman mendekati-Nya melalui karya seni budayanya.
        Selama ini orang berasumsi bahwa hanya melalui ibadah formal dan dzikir spiritual saja manusia dapat bertemu dan mendekatkan dirinya kepada Tuhan. Padahal pada komunitas tertentu, musik dan sastra memiliki manfaat yang sama untuk mengantarkan manusia bertemu Tuhan.
     Atas dasar inilah kami mencoba menggali musik-musik yang bernuansa religius, siapa tahu justru lewat musiklah kami dapat bertemu dengan Tuhan dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga..... (Sumber : Album Tadarus Budaya Gus Dur dan Ki Ageng Ganjur)