:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: Ki Ageng Ganjur 2003 : " Mulai Road Show Pesantren dan Memantapkan Posisi di Televisi " Ki Ageng Ganjur 2003 : " Mulai Road Show Pesantren dan Memantapkan Posisi di Televisi " | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Saturday, February 4, 2012

Ki Ageng Ganjur 2003 : " Mulai Road Show Pesantren dan Memantapkan Posisi di Televisi "


        Setelah mulai mengenal dan memasuki dunia broadcast tahun 2000 dengan berbagai paket acara yang dibuat, kerinduan untuk kembali keliling daerah untuk menggelar pementasan langsung seakan gayung bersambut dengan keinginan pihak Djarum yang bersedia mensponsori acara road show to pesantren. Maka pada bulan Agustus 2003, dimulailah perjalanan pementasan road show Ki Ageng Ganjur ke berbagai pesantren di Jawa khususnya dan di kemudian hari ternyata juga menjangkau daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa.
     Mungkin hanya sekedar kebetulan atau suatu hal yang sudah digariskan, permulaan road show itu seakan proses pengulangan sejarah. Jika diawal kemunculan Ki Ageng Ganjur ditandai dengan Trilogi Pementasan di tahun 1995,1996 dan 1997, maka langkah awal Ki Ageng Ganjur keliling dunia pesantren juga ditandai dengan tiga pementasan, yaitu 18 Agustus 2003 di Alun-Alun Serang Banten, 22 Agustus 2003 di Alun-Alun Menes Pandeglang Banten dan terakhir 29 Agustus 2003 di Lapangan Mahkota Cilegon Banten. Ketiga acara tersebut bertajuk “Tabligh dan Dzikir Budaya Bersama Djarum Coklat”.
       Ketiga pementasan itu benar-benar proses belajar tour atau road show, betapa tidak, meskipun ketiga acara merupakan satu rangkaian, tetapi rentang waktunya cukup panjang, tanggal 18, 22 kemudian 29 Agustus 2003. Setelah satu kali pentas, kembali ke markas kemudian berangkat lagi untuk pementasan kedua, kembali lagi, lalu berangkat lagi untuk ketiga kalinya. Sebuah proses tour yang kurang efektif dan efisiensi dalam segala hal terutama biaya produksi. Tetapi justru dari pengalaman seperti itulah kemudian kita dapat belajar dan mengambil hikmah untuk perbaikan sebagai bekal untuk pelaksanaan tour keliling berikutnya.
      Setelah paket tour atau road show pesantren usai, Ki Ageng Ganjur kemudian semakin memantapkan posisinya di dunia televisi dengan diproduksinya paket acara “Pesantren Budaya” di tahun 2003 itu sebanyak 30 paket acara untuk tayang selama bulan puasa. Rekaman paket acara ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2003 di Studio PFN Jakarta dengan narasumber antara lain KH. Hussein Muhammad, KH. Shalahuddin Wahid, Ibu Hj. Shinta Nuriyah Wahid, Drs. H. Arief Mudatsir Mandan, M.Si, KH. Zawawi Imron, Drs. A. Malik Madany, MA dll, serta bintang tamu para artis ibukota seperti Ayu Azhari, Mega Mustika, Hamdan ATT, Mell Shandy, Rita Sugiarto, Jacky Zimah dll.
     Masih ada beberapa acara lain yang melibatkan Ki Ageng Ganjur di tahun 2003, tetapi pada dasarnya dua paket acara itulah “Tabligh dan Dzikir Budaya” serta “Pesantren Budaya” inilah yang merupakan aktifitas inti Ki Ageng Ganjur di tahun tersebut sebagai era baru untuk perjalanan keliling ke pesantren serta pemantapan diri di dunia televisi.