:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: Ki Ageng Ganjur 1999 : " Tahun Multi Event " Ki Ageng Ganjur 1999 : " Tahun Multi Event " | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Friday, January 20, 2012

Ki Ageng Ganjur 1999 : " Tahun Multi Event "


       Bagi Ki Ageng Ganjur, tahun 1999 adalah tahun yang penuh dengan variasi kegiatan atau aktifitas, mulai dari rekaman Album Kedua bertajuk “Ziarah Rasul” , ada juga kampanye pemilu, wayangan sampai “Pentas Peringatan Hari Ibu” di bulan Desember 1999.
  Rekaman pembuatan album kedua “Ziarah Rasul” yang merupakan album kumpulan lagu-lagu karya atau arransemen Ki Ageng Ganjur dilaksanakan sampai dua kali proses. Pertama, di Misty Studio kemudian diulang kembali rekaman di Studio Radio Retjo Buntung Yogyakarta dan masternya kemudian dikirim ke Jakarta untuk diproses menjadi album kaset.

    Di tahun ini juga, Ki Ageng Ganjur berpartisipasi dalam salah satu rangkaian kegiatan Konser Musik Garda Bangsa Bangkitlah Bangsaku yang diselenggarakan di 4 kota, mulai dari Bandung, Malang, Semarang dan Yogyakarta. Ki Ageng Ganjur berpartisipasi di konser Semarang yang dilaksanakan PRPP Semarang  bersama artis-artis ibukota antara lain Ikke Nurjanah, Imam S Arifin, Mega Mustika, Johny Iskandar dan sederet artis dangdut papan atas lainnya yang ikut memeriahkan Konser Bangkitlah Bangsaku tersebut.
  Selepas kegiatan tersebut, Ki Ageng Ganjur kemudian berpartisipasi dalam kampanye pemilu untuk PKB di kota Pati dan Kendal yang kemudian ditutup dengan partisipasi dalam Pentas Bersama Pemantau Pemilu JPPR yang dilaksanakan di Tugu Proklamasi Jakarta setelah sebelumnya ikut menyumbangkan 3 buah lagu mereka untuk direkam bersama dalam album lagu kampanye penyadaran pemilih dalam pemilu. Ketiga lagu itu adalah “Manusia Bendera”, “Kuasa Rakyat” dan “Sesambat Ing Manah”. Dua lagu pertama karya Al-Zastrouw, sedangkan lagu ketiga karya Dono As. yang kemudian dikompilasikan menjadi sebuah album oleh JPPR.
    Pada bulan Agustus 1999, Ki Ageng Ganjur berkolaborasi dengan Ki Enthus Susmono dari Tegal dan mengiringi artis-artis seperti Rieke Diah Pitaloka, Vinny Alvionita dll., dalam Pagelaran Wayang Syukuran Kebangsaan di Auditorium TVRI Stasiun Pusat Jakarta.
      Kemudian di awal Nopember 1999, Ki Ageng Ganjur sekali lagi menjadi Musik Pembuka dalam Konser Kantata Revolvere di Bumi Marinir Cilandak Jakarta kemudian di akhir Nopember 1999 berpartisipasi dalam pentas dalam rangka Muktamar NU di Kediri Jawa Timur. Akhir tahun 1999 ditutup Ki Ageng Ganjur dengan pentas musik dalam rangka Hari Ibu di Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta bersama Franky Sahilatua.
 Itulah beragam aktifitas kegiatandan pementasan yang dilaksanakan atau diikuti oleh Ki Ageng Ganjur dalam kurun waktu tahun 1999. Variasi kegiatan yang demikian beragam memberi nuansa tersendiri bagi perkembangan musik Ki Ageng Ganjur ke depan sekaligus memperkaya wawasan dan pengetahuan serta pengalaman dalam berbagai event.