:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: MENGHIBUR MASYARAKAT PEKERJA DI DAERAH KANTONG TKI MENGHIBUR MASYARAKAT PEKERJA DI DAERAH KANTONG TKI | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Thursday, November 17, 2011

MENGHIBUR MASYARAKAT PEKERJA DI DAERAH KANTONG TKI

              Dalam rangka sosialisasi program BNP2TKI untuk mengkampanyekan pencegahan TKI ilegal serta memberikan pengarahan agar para TKI bekerja di luar negeri secara resmi dan prosedural didasari kesadaran pribadi dan masyarakat untuk memberantas proses percaloan dan rekruitmen TKI secara ilegal, kelompok musik religi akulturatif Ki Ageng Ganjur pimpinan Al-Zastrouw berkesempatan menghibur masyarakat pekerja Indonesia di daerah-daerah kantung TKI. Program ini dilaksanakan BNP2TKI di 8 daerah di 5 propinsi, yaitu di Pontang Serang Banten 11 Nopember 2011, Pringsewu Lampung 12 Nopember 2011, Sragen Jawa Tengah 18 Nopember 2011, Batang Jawa Tengah 19 Nopember 2011, Malang Jawa Timur 25 Nopember 2011, Blitar Jawa Timur 26 Nopember 2011, Sukabumi Jawa Barat 2 Desember 2011 dan Karawang Jawa Barat 3 Desember 2011. Dalam kesempatan ini Ki Ageng Ganjur kebagian menghibur masyarakat di 6 lokasi, yaitu Serang Banten, Sragen dan Batang di Jawa Tengah, Malang dan Blitar di Ja    Timur serta di Karawang Jawa Barat.
          Acara sosialisasi ini dikemas dengan menggunakan media kesenian tradisional seperti wayang golek, wayang kulit, Ludruk dan Campursari serta lagu-lagu sholawat dan musik yang bernuansa religi melalui kelompok musik Ki Ageng Ganjur Yogyakarta. Dengan kemasan seni tradisional tersebut diharapkan pesan dan misi apa yang ingin disampaikan kepada masyarakat pekerja Indonesia diharapkan akan semakin mudah dicerna dan diterima masyarakat karena menggunakan media yang sudah akrab dengan kehidupan mereka, selain itu juga dalam rangka turut berpartisipasi memelihara dan menjaga serta melestarikan seni tradisi lokal yang masih berkembang di masyarakat kita.
            Oleh karena itu media seni tradisional yang dipakai akan disesuaikan dengan masing-masing daerah, misalnya di Banten dan Jawa Barat menggunakan Wayang Golek dengan Dalang Riswa dengan tokoh sentralnya si Cepot, sedangkan di Jawa Tengah menggandeng Dalang nyentrik Ki Enthus Susmono, sementara di Jawa Timur menghadirkan seniman Ludruk Kartolo cs., Dan untuk lebih menyemarakkan suasana pagelaran dihadirkan juga Ki Ageng Ganjur pimpinan Al-Zastrouw bersama bintang tamu Evie Tamala, khusus untuk sosialisasi di daerah Serang dan Karawang. Sementara untuk sosialisasi di daerah Lampung dihadirkan bintang tamu Didi Kempot dengan musik dan lagu Campursarinya yang terkenal.
             Rangkaian kegiatan ini dibuka di Desa Pontang Kecamatan Pontang Serang Banten pada tanggal 11 Nopember 2011 dan dihadiri sekitar 5000 pengunjung yang sebagian besar merupakan keluarga para TKI dan masyarakat umum. Kehadiran bintang tamu Evie Tamala mampu menghibur masyarakat yang hadir hingga usai. Sementara sosialisasi program dan pesan-pesan untuk para TKI disampaikan melalui media Wayang Golek melalui Dalang Riswa. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pringsewu Lampung  12 Nopember 2011 melalui media musik campursari Didi Kempot.

Agenda berikutnya :

18 Nopember 2011 di Alun-Alun Sragen bersama Ki Ageng Ganjur dan Dalang Ki Enthus Susmono
19 Nopember 2011 di Batang juga diisi oleh Ki Ageng Ganjur dan Dalang Ki Enthus Susmono

25 Nopember 2011 di Stadion Kanjuruhan Malang bersama Ki Ageng Ganjur dan seniman Ludruk Kartolo
26 Nopember 2011 di Blitar juga diisi Ki Ageng Ganjur dan Kartolo

2 Desember 2011 di Sukabumi bersama Wayang Golek Dalang Riswa
3 Desember 2011 di Karawang bersama Wayang Golek Dalang Riswa, Ki Ageng Ganjur dan Evie Tamala.