:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: " Konser Jelang Ramadan " " Konser Jelang Ramadan " | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Saturday, December 17, 2011

" Konser Jelang Ramadan "


   




       Buat  teman-teman yang suka mendokumentasikan data-data pementasan pada umumnya dan pementasan Ki Ageng Ganjur pada khususnya, entah untuk keperluan apa, sekedar koleksi data, kelengkapan data, atau untuk keperluan teknis yang lebih khusus, misalnya untuk data pembuatan tugas kuliah, skripsi dll, kami akan berusaha memenuhi permintaan pembuatan data tersebut, meskipun kami harus melacak ulang filenya karena sudah berupa laporan tertulis untuk masing-masing kegiatan tersebut.
      Berikut ini akan kami sampaikan dokumentasi ‘laporan’ atau ‘gambaran’ pelaksanaan rangkaian kegiatan “ Konser Jelang Ramadan 2010 “  lalu, yang sebenarnya dilaksanakan di 10 lokasi di Jawa Timur, 1 lokasi di NTB dan 1 lokasi lagi di Martapura Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan di PP Sunan Bejagung Tuban 12-13 Juli 2010

Rangkaian kegiatan Konser Jelang Ramadan Tahun 2010 sebenarnya terdiri dari 4 acara pokok untuk masing-masing pesantren, yaitu :

a.       Pelatihan Penulisan Kreatif Bagi Santri
Pelatihan penulisan kreatif bagi santri dilaksanakan pada hari Senin 12 Juli 2010 mulai jam 10.00-17.00 Wib. yang diikuti oleh sekitar 100 peserta dengan pemateri dari Matapena Yogyakarta.

b.      Gelar Seni Religi/Seni Pesantren
Kegiatan Gelar Seni Pesantren ini semula direncana pada hari Senin 12 Juli 2010 malam, mulai jam 20.00-23.00 Wib. Tetapi karena beberapa kendala teknis dan atas pertimbangan efektifitas kegiatan dan efisiensi waktu, maka acara tersebut dipindahkan ke hari Selasa, 13 Juli 2010 berbarengan dengan Konser Religi Jelang Ramadan 2010. Acara tersebut diletakkan sebagai acara pembuka (pra acara) sebelum dimulainya Konser Jelang Ramadan 2010 dilaksanakan, dengan menampilkan dua kelompok kesenian pesantren yaitu hadrah dan tari saman yang diisi dengan materi dari hafalan kitab-kitab kuning yang diajarkan di pesantren.

c.       Dialog Budaya dan Jumpa Artis-Santri
Acara yang lebih terkesan saling berbagi rasa dan pengalaman antara artis dengan santri ini dilaksanakan di komplek pondok putri PP Sunan Bejagung yang diikuti sekitar 300 santri. Banyak pesan dan kesan yang diberikan para artis kepada santri untuk memotivasi mereka dalam menempuh pendidikan di pesantren serta berbagai pengalaman yang dialami para artis yang diharapkan dapat menjadi bahan renungan dan pelajaran bagi para santri untuk menghadapi masa depan mereka.

d.      Konser Religi Jelang Ramadan
Acara Konser Religi Jelang Ramadan dibuka dengan penampilan kelompok kesenian santri PP Sunan Bejagung, kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yang salah satunya termasuk acara penyerahan bantuan beasiswa santri sebesar Rp. 1.500.000,- perbulan selama satu tahun dan bantuan 2 unit laptop kepada PP Sunan Bejagung yang diserahkan secara simbolis oleh Bapak Zuwirlan (Supervisor Djarum DSO Bojonegoro) kepada KH. Abdul Matin selaku pengasuh PP Sunan Bejagung.
Konser Religi-nya sendiri diawali dengan penampilan kelompok musik Ki Ageng Ganjur yang menyajikan beberapa lagu religi mereka yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan artis Dara KDI.
Setelah Dara KDI selesai dengan lagu-lagunya, dilanjutkan dengan Tausiyah Budaya yang disampaikan oleh KH. Nuril Arifin, pengasuh PP Soko Tunggal Semarang, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan artis Ratna Listy.
Konser ditutup dengan kehadiran Evie Tamala yang mampu menghibur pengunjung yang hadir hingga usai acara yang ditutup dengan Shalawat secara bersama-sama seluruh artis yang mengisi acara.
Secara umum, acara Konser Religi Jelang Ramadan ini berjalan secara tertib dan lancar serta mampu memberikan hiburan alternative yang disertai siraman rohani bagi para pengunjung yang hadir. Dari segi jumlah, sebenanya penonton yang hadir terlihat sekitar 2000-an orang, hanya saja, mengingat keterbatasan area/lokasi konser yang tidak terlalu luas menyebabkan sebagian pengunjung tidak bisa masuk ke lokasi konser yang sudah penuh dengan para santri dan masyarakat sekitar yang telah datang lebih dahulu. Penonton begitu antusias terutama sambutan terhadap para artis ibukota yang selama ini hanya bisa mereka saksikan di layar kaca.

e.      Evaluasi Pelaksanaan
Evaluasi yang dapat dijadikan bahan masukan untuk pelaksanaan Konser Religi Jelang Ramadan 2010 di PP Sunan Bejagung kali ini terutama adalah masalah kesiapan publikasi acara yang terlalu mepet sehingga mengurangi daya jangkau gaung acara. Selain itu, lokasi konser yang tidak cukup luas menyebabkan jumlah pengunjung tidak terlalu banyak dari segi angka, tetapi sangat terlihat padat dan penuh. Jumlah pengunjung tentu akan semakin besar jika area lebih luas lagi dan mampu menampung pengunjung dalam jumlah yang lebih besar.
               
                Itulah gambaran pelaksanaan acara Konser Jelang Ramadan 2010 di PP Sunan Bejagung Tuban, masih ada 11 laporan sejenis untuk masing-masing lokasi yaitu 9 di Jatim lainnya, diantaranya PP Ihyaul Ulum Dukun Gresik, PP Wahid Hasyim Bangil, juga 1 di Lombok Barat NTB dan 1 lagi di Martapura Kalimantan Selatan.