:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: " BEBERAPA PENGERTIAN TENTANG SENI " " BEBERAPA PENGERTIAN TENTANG SENI " | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Tuesday, December 13, 2011

" BEBERAPA PENGERTIAN TENTANG SENI "


         Seni menurut bahasa (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keahlian membuat karya bermutu (dilihat dari kehalusannya, keindahannya, dsb, seperti seni tari, seni lukis, seni ukir dll. Sedangkan menurut Ensiklopedia Indonesia, seni didefinisikan sebagai penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam jiwa manusia, dilahirkan dengan perantara alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh panca indera (seni suara, penglihatan (seni lukis) atau dilahirkan dengan perantara gerak (seni tari, drama, dll).
       Sedangkan para ahli di bidangnya masing-masing juga memberikan definisi mereka masing-masing terhadap pengertian seni itu, antara lain :
       Menurut pendapat Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa dan perasaan manusia lainnya.
        Berdasarkan pendapat Herbert Read, seni adalah usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang sedemikian itu dapat memuaskan kesadaran keindahan kita dan satu kegiatan rohani dari para pengamatnya untuk mencari satu nilai keharmonisan.
           Achdiat Karta Miharja, memberikan batasan yang lebih tegas tentang seni, yaitu kegiatan rohani yang merefleksikan realitas (kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya.
        Menurut pendapat Thomas Munro (seorang filsuf dan ahli teori seni berkebangsaan Amerika), seni adalah buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya. Efek tersebut meliputi tanggapan-tanggapan yang meliputi pengamatan, pengenalan, imajinasi yang rasional maupun emosional.
          Masih banyak, puluhan bahkan ribuan definisi seni lainnya yang kadang justru membuat kita bingung atau bahkan mungkin menjadi terlalu gampang untuk mendefinisikan ‘sesuatu’ itu sebagai seni atau sebuah karya seni. Karena semua kembali kepada kita untuk mendefinisikan dan memberi makna terhadap sesuatu yang diciptakan manusia itu apakah termasuk karya seni atau tidak.