:::----Assalaamu'alaikum----::::Selamat Datang Di Ki Ageng Ganjur:::---- Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur: KI AGENG GANJUR CULTURAL MISSION IN MIDDLE EAST KI AGENG GANJUR CULTURAL MISSION IN MIDDLE EAST | Musik Religi Akulturatif Ki Ageng Ganjur

Wednesday, November 16, 2011

KI AGENG GANJUR CULTURAL MISSION IN MIDDLE EAST

KI AGENG GANJUR CULTURAL MISSION IN MIDDLE EAST “ Persaudaraan dan Perdamaian Lintas Budaya “ Kelompok musik religi Ki Ageng Ganjur dari Yogyakarta, pimpinan Dr. Al–Zastrouw Ngatawi mendapat kesempatan untuk melakukan show di Timur Tengah, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Dalam konser yang juga dimaksudkan sebagai misi kebudayaan ini juga didukung oleh bintang-bintang tanah air seperti Evie Tamala, Mell Shandy, dan Andi /Rif. Dr. Al-Zastrouw Ngatawi mengungkapkan kalau misi kebudayaan ini bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia, selain juga berdakwah lewat musik. 

"Ada dua tujuan dalam misi kebudayaan Ki Ageng Ganjur ke Timur Tengah, Qatar, dan Uni Emirat Arab, yang pertama memperkenalkan seni budaya Indonesia terutama seni religi di kalangan masyarakat internasional," ungkap Al-Zastrow yang ditemui di kantor PBNU, Jakarta, Sabtu (17/10). "Dan misi kedua, menghibur pekerja Indonesia yang berada di Timur Tengah. Ini juga sebagai satu rangkaian dakwah lewat musik, walau kadang ada orang Islam yang beraliran keras menganggap musik itu haram. Islam adalah agama yang bisa disebarkan secara lembut," terangnya. 

Selain musisi lulusan pesantren, Ki Ageng Ganjur juga mendapat dukungan cuma-cuma dari beberapa bintang yang ikut dalam konser ini. "Semua musisi kita lulusan pesantren, dan mereka bisa memainkan segala jenis musik dari jazz, pop, sampai rock. dan saya sangat berterima kasih sama artis– artis yang mau bekerja sosial tanpa honor yang layak." tambah Dr. Al-Zastrouw Ngatawi. 

 Dalam kesempatan kunjungan ke Qatar dan Uni Emirat Arab tersebut, Ki Ageng Ganjur melakukan pementasan di Rumah Dinas Duta Besar RI untuk Qatar dalam resepsi jamuan makan malam antar negara, kemudian dilanjutkan dengan pementasan di halaman kantor Kedutaan Besar RI di Qatar untuk menghibur masyarakat Indonesia yang ada di Qatar, dilanjutkan dengan pementasan di kota Al-Korn untuk menghibur para pekerja bidang perminyakan yang banyak yang berasal dari Indonesia. Setelah melaksanakan 3 pementasan di Qatar tersebut, rombongan Ki Ageng Ganjur beserta para artis pendukungnya kemudian melanjutkan perjalanan ke Uni Emirat Arab dan melaksanakan pementasan di kota Dubai.